Wasiat Utbah bin Ghazwan kepada kaum muslimin

Khalid bin Umar al-Adawi berkata: Utbah bin Ghazwan pernah berkhutbah dihadapan kami,. ia memuji Alloh lantas berkata:

“Amma Ba’du,

Dunia telah mengumumkan kepunahannya, pergi dengan cepat dan tidak ada yang tinggal kecuali sedikit sisa-sisanya, sebagaimana air yang tersisa sedikit di bejana yang diminum oleh pemiliknya. Kamu sungguh akan berpindah ke suatu negeri yang tidak akan pernah musnah, maka berpindahlah dengan membawa sebaik-baik hal yang ada dihadapanmu.

Sesungguhnya, pernah diceritakan kepada kami bahwa sebuah batu dilemparkan dari mulut neraka jahannam, ia jatuh kedalamnya selama tujuh puluh tahun, tetapi belum juga mencapai dasarnya.
Demi Alloh, bahwa jahannam ini akan dipenuhi apakah kalian heran???
dan Pernah diceritakan kepada kami bahwa jarak antara dua sisi pintu di surga sejauh perjalanan empat puluh tahun dan sungguh akan datang suatu hari dimana ia terlihat penuh sesak.

Saya pernah mengalami bertujuh bersama rosululloh shallallohu ‘alaihi wasallam, sedangkan kami tidak memiliki makanan selain daun pohon, sampai-sajavascript:void(0)mpai sudut bibir kami bernanah. Ketika itu saya mencari secarik burdah, kemudian saya sobek menjadi dua untuk saya dan untuk sa’ad bin Malik, lantas saya berselimut dengannya, sedangkan setengahnya dipake selimut oleh saad. Namun, pada hari ini, tidak seorangpun dari mereka kecuali telah menjadi pemimpin di salah satu negeri.

Saya berlindung kepada Alloh, jangan sampai saya merasa diri saya agung, padahal disisi Alloh adalah orang yang hina.

Tidak pernah ada suatu kenabian, kecuali datang silih berganti, sampai akhirnya ditutup dengan kerajaan. Kalian akan mengerti dan merasakan sendiri bagaimana para pemimpin setelah kami.

dikeluarkan oleh Imam Muslim

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: